Apa itu DatabaseSQlite??

Assalammualaikum kembali dengan saya di blog Ali Zainal A. Ok kali saya akan mengkasihtaukan tentang (Apa Itu DatabaseSQlite?)

Ok langsung saja..

Image result for database sqlite


Database SQLite adalah solusi penyimpanan yang baik jika anda memiliki data terstruktur yang perlu diakses dan disimpan secara persisten serta sering ditelusuri dan diubah. Anda juga bisa menggunakan SQLite sebagai media penyimpanan utama untuk data aplikasi atau pengguna, atau anda juga bisa menggunakannya untuk proses caching serta menyediakan data yang diambil dari cloud.

Ada dua tipe data yang dikaitkan secara khusus dengan penggunaan database SQLite, yaitu Cursor dan ContentValues.

Cursor

SQLiteDatabase selalu menyajikan hasil berupa Cursor dalam format tabel yang menyerupai database SQL. Anda bisa menganggap data sebagai larik baris dan cursor adalah pointer ke dalam satu baris data terstruktur. Kelas Cursor menyediakan metode untuk menggerakan cursor melalui struktur data, dan metode untuk mendapatkan data dari bidang-bidang setiap baris.
Kelas Cursor memiliki sejumlah subkelas yang mengimplementasikan cursor untuk tipe data tertentu, yaitu:
  • SQlite Cursor untuk mengekspos hasil query dari sebuah SQLiteDatabase. SQLiteCursor tidak disinkronkan secara internal, sehingga kode yang menggunakan SQLiteCursor dari beberapa thread harus melakukan sinkronisasi sendiri saat menggunakan SQLiteCursor.
  • Matrix Cursor adalah implementasi cursor lengkap dan tidak tetap, yang didukung oleh larik objek yang secara otomatis meluaskan kapasitas internal bila diperlukan.
Beberapa operasi umum yang ada pada cursor adalah :
  • getCount(), mengembalikan jumlah baris dalam cursor.
  • getColumnNames(), mengembalikan larik string yang berisi nama semua kolom dalam rangkaian hasil dalam urutan pencantumannya dalam hasil/result.
  • getPosition(), mengembalikan posisi cursor saat ini dalam rangkaian baris.
  • Getter tersedia untuk tipe data tertentu, seperti getString(in column)dan getInt( int column).
  • Operasi seperti moveToFirst() dan moveToNext() akan menggerakan cursor.
  • close(), membebaskan semua sumber daya dan membuat cursor menjadi tidak valid. Ingat, untuk menutup panggilan, guna membebaskan sumber daya!

Sekian dari saya ....
wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages