Database Relationship

Assalammualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh, hai guys bertemu dengan saya lagi di blog Ali Zainal

Sekarang saya akan mengkasih taukan apa itu Database relationship?

Database relationship adalah Suatu hubungan, dalam konteks basisdata, adalah situasi yang ada di antara dua tabel basis data relasional ketika satu tabel memiliki kunci asing yang merujuk pada kunci primer dari tabel lainnya. Hubungan memungkinkan basis data relasional untuk membagi dan menyimpan data dalam tabel yang berbeda, sambil menautkan item data yang berbeda.






contoh seperti ini :


  1. Relationship adalah fitur akses yang menghubungkan dua tabel atau lebih sehingga saling berkaitan
  2. Primary Key adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).
  3. One to One : relasi one to one terjadi jika ada data pada tabel A yang juga ada di tabel B sehingga mereka akan membentuk relasi.
  4. One to Many : Relasi one to many adalah relasi yang terjadi dimana data pada tabel A mempunyai lebih dari 1 data yang sama pada tabel B.
  5. Many to Many : Relasi many to many adalah relasi dimana lebih dari 1 data pada tabel A bisa berelasi dengan lebih dari 1 data pada tabel B.
  6. Many to One : Relasi di bawah menggambarkan bahwa untuk setiap entitas di himpunan entitas A  ( contoh : 

(Mahasiswa) berpasangan dengan 1 entitas di himpunan entitas B (Mata Kuliah). Asumsi bawha untuk 1 mata kuliah dapat dikontrak oleh banyak siswa
Dari A (Mahasiswa) ke B (Mata Kuliah) kardinalitasnya maksimal adalah 1, dan
dari B (Mata Kuliah) ke A (Mahasiswa) kardinalitasnya maksimal banyak. Oleh karena itu relasi ini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages